Manfaat Tersembunyi Di Balik Cabai

Posted: 17 April 2012 in F.Y.I.

Tahukah Anda sambal tidak hanya sebagai pelengkap di hidangan makan, kenikmatan yang ditawarkan sambal membawa cukup banyak manfaat untuk kondisi tubuh. Rasa pedas sambal memiliki kemampuan di antaranya untuk mencegah kanker hingga dapat menguragi rasa nyeri.

Diketahui bahwa zat yang menimbulkan rasa pedas yang bernama capcaisin pada cabai terbukti sangat efektif mengurangi rasa nyeri pada penyaklit artritis, nyeri saraf bahkan rasa gatal. Hal ini dikarenakan saat kita mengkonsumsi cabai, tubuh akan mengeluarkan endorphin yang bertujuan mengurangi rasa panas dengan menghambatnya yang dianggap tubuh sebagai rasa nyeri .

Rasa gatal dan inflamasi dapat memanfaatkan zat capcaisin untuk menghilangkan atau meminimalisir gejala yang timbul. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa zat capcaisin dapat menurunkan berat badan walaupun belum terbukti kebenarannya.

Selain itu pembuluh sel kanker prostat dapat diminimalkan dengan zat capcaisin tersebut. Dr Ashwin Mehta dari Universitas of Miami’s School Medicine berujar “Dalam tes di laboratorium para peneliti menemukan kaitan antara peningkatan kematian sel kanker dengan capcaisin”
Zat lainnya yang terdapat dalam cabai seperti karoteniod dan flavonoid terbukti dapat melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kanker.

Trinidad Moruga Scorpion sebagai cabai terbedas di dunia mengandung 1,2 juta scoville unit sedangkan jalapeno mengandung 5.000 unit.

Setiap hal memiliki manfaat dan kegunaannya masing masing, dengan dosis yang tepat manfaat yang diberikan akan mampu bekerja secara maksimal.

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s