Memori Otak Bisa Meningkat Jika Bernyanyi

Posted: 3 May 2012 in F.Y.I.

Kesibukan yang teralu padat kadang membuat orang tidak memiliki waktu untuk dia sendiri yang kemudian mengeksplorasi diri dalam kondisi yang keras, yang akhirnya mengakibatkan penurunan memori. Namun jangan khawatir hal ini bisa diatasi dengan cara bernyanyi.

Dilansir dari hubpages, orang yang tertekan biasanya mengalami peningkatan detak jantung hingga batas tertentu. Bila bernyanyi bisa mengurangi detak jantung, artinya juga bisa mengurangi tingkat stres yang merupakan penyebab utama dari gangguan memori.

Hal ini juga di pertegas oleh para peneliti. Para pakar ilmuan tersebut menyimpulkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan memori karena musik dapat mengubah suasana hati dan meningkatkan energi sehingga dapat menurunkan resiko depresi.

Seperti dijelaskan oleh detikhealth, bernyanyi untuk meningkatkan memori tak hanya membantu secara psikologis tetapi juga secara fisik, karena kebanyakan masalah kesehatan pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan memori.

Bernyanyi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang diwakili oleh tingkat A immunoglobin dan kortisol, yang biasanya menandai sistem kekebalan tubuh meningkat.

Bernyanyi juga membantu orang untuk bersantai, perubahan mood yang lebih baik, meningkatkan tingkat kepercayaan diri, yang kesemuanya dapat membuat kemampuan memori yang lebih baik.

Sumber : i-berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s